Tugas Mandiri BAB 4 : 30 Software yang Sedang Berkembang


Tugas mandiri

Carilah pada software-software yang berkembang saat ini (minimal 30 software).
Berikan penjelasan dan kegunaan secara mendetai dan mendalam tentang software-software tersebut

 Jawab

1. IZArc
http://www.izarc.org/
Windows | Portable

Merupakan aplikasi drag dan drop (mengekstrak dan mengarsip file) dalam lebih dari 45 jenis format file. Aplikasi ini lebih komplit daripada software sejenis ini.

2. Audacity
http://audacity.sourceforge.net
Windows | Mac | Linux | Portable

Merupakan aplikasi open-source untuk merekan dan mnegedit file audio lebih dari 1 dalam waktu yang bersamaan. Kelebihan aplikasi ini adalah open source yang jarang dipunyai software sejenis yang kebanyakan berbayar. Dan juga cocok untuk pemula serta profesional. 

3. Dropbox
http://www.dropbox.com
Windows | Mac | Linux | Web | Mobile

Merupakan aplikasi cloud storage yang multiplatfrom. Sehingga memudahkan untuk diakses dari berbagai device.

4. Vuze
http://www.vuze.com/
Windows | Mac

Terdapat beberapa improvisasi dalam aplikasi pengunduh file torrent bernama Vuze ini, antara lain mempunyai banyak kombinasi fungsi, salah satu yang spesial adalah rss reader, remote access over the web, dan media server.

5. Google Chrome
http://www.google.com/chrome/
Windows | Mac | Linux | Portable

Google Chrome yang terbaru mempunyai beberapa fitur-fitur tambahan, diantaranya : support HTML5, serta fitur keamanan yang lebih ditambahkan.

6. Desktop iCalendar Lite
http://www.desksware.com/desktop-icalendar-lite.htm

Aplikasi kalender desktop yang bisa disinkronisasi di Apple iCal, Thunderbird, dan Google Calendar. Aplikasi berguna agar kita tidak melewatkan momen penting. Dan yang tak kalah menarik kalender ini memiliki desain yang catch di mata.

7. Click.to
http://www.clicktoapp.com/
Windows | Mac

Aplikasi clipboard ini berfungsi untuk membantu kita untuk bekerja dengan cara menyediakan tempat untuk menampilkan catatan pada desktop. Serta penggunaannya cukup mudah, cukup di ctrl+c.

8. Skype
http://www.skype.com
Windows | Mac | Linux | Mobile | Portable

Merupakan aplikasi telepon dan video call yang sedang nge-trend jaman sekarang. Bukan hanya bisa chatting namun skype juga menyediakan layanan telepon dan video call secara gratis. Serta layanan facebook yang bisa langsung disinkronisasi langsung dari aplikasi skype.

9. Disk Space Fan
http://www.diskspacefan.com
Windows

Aplikasi yang berguna untuk pengguna yang memiliki harddisk dengan kapasitas kecil. Sehingga akan mengingatkan pengguna apabila space di harddisk akan full.

10. Rainmeter
http://rainmeter.net
Windows 

Aplikasi widget desktop yang mencakup banyak widget, diantaranya jam, note, cpu meter, dll. Tema yang disediakan cukup banyak dengan varian dan warna yang berbeda. Sehingga memudahkan pengguna dalam mengatur jadwal, tanggal serta penggunaan pc.

11. Zimbra Desktop
http://www.zimbra.com/products/desktop.html
Windows | Mac | Linux

Memudahkan pengguna untuk pembacaan email dari berbagai site dalam kondisi offline setelah sinkronisasi dari server terkait.

12. TeraCopy
http://codesector.com/teracopy
Windows



Mempermudah pengguna dalam mencopy file secara bersamaan dikarenakan adanya list yang sedang di-copy. Serta kecepatan yang bisa diatur tergantung dari kemampuan r/w hardisk.

13. LibreOffice
LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran besar seperti Microsoft Office atau OpenOffice.org dan tersedia dalam berbagai platform. Tujuannya adalah menghasilkan aplikasi perkantoran yang mendukung format ODF tanpa bergantung pada sebuah pemasok dan keharusan mencantumkan hak cipta. Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Sebagai sebuah perangkat lunak bebas dan gratis, LibreOffice bebas untuk diunduh, digunakan, dan didistribusikan. LibreOffice merupakan proyek pengembangan dari OpenOffice.org yang sejak tahun 2010 sudah diakuisisi oleh Oracle. Semua fitur yang ada di OpenOffice ada pula di LibreOffice tetapi ke depannya akan dikembangkan secara lebih terbuka dan mandiri karena dibawah naungan pengembang nirlaba

Fitur Unggulan :
Menyimpan dan membuka dokumen dengan format ODF (Open Document File)
Mengekspor dokumen ODF menjadi flat XML
Membuka dokumen *.docx. Docx adalah format dokumen standar untuk aplikasi Microsoft Office 2007 dan terbaru.
Menyimpan dokumen dalam format PDF.
 Komponen-komponen LibreOffice sama seperti yang dimiliki OpenOffice.org, yaitu:
Writer
Calc
Impress
Base
Draw
Math

14. Filezilla
Biasanya setelah selesai merancang web yang akan kita gunakan sebagai sarana berbisnis,kita perlu memindahkan file-file tersebut ke komputer perusahaan web hosting yang anda pilih supaya bisa diakses selama 24 jam non stop.Dan untuk memindahkan file-file tersebut diperlukan software khusus yang dinamakan Software FTP singkatan dari File Transfer Protocol.Atau sering disebut juga FTP Client.Anda bisa mencarinya di google dengan kata kunci “FTP Client”.Software ini banyak sekali,ada yang berbayar dan ada juga yang gratis.
Software yang sering digunakan adalah software FileZilla,anda bisa cek di http://www.filezilla.com dan anda bisa download gratis

15. CCleaner
CCleaner memiliki antarmuka (interface) yang simple dan user friendly yang gampang di gunakan. pada bagian Cleaner anda akan mendapati fungsi untuk membersih kan temporary file baik yang dihasilkan oleh windows maupun aplikasi lain. di bagian ini juga anda akan mendapati pilihan membersihkan jejak dari internet browser anda baik itu cookies, history, lastdownload hingga Autocomplete.
Pada bagian registry Anda akan mendapati pilihan untuk men-scan register-register yang tidak berguna dan mebersihkan Registry komputer Anda dengan menghapus register yang tidak berguna.
Dibagian tool terdapat fasilitas uninstaller untuk menguninstall software-software yang tidak Anda butuhkan terdapat starup manager dimana Anda dapat men- Enabled dan disable entri-entri starup yang tidak Anda butuh kan untuk mempercepat proses booting.

16. Netbeans
NetBeans adalah Integrated Development Environment (IDE)berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat bejalan di berbagai macam platforms seperti Windows, Linux, Mac OS X and Solaris. Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter dan suatu debugger. Netbeans merupakan software development yang Open Source, dengan kata lain software ini di bawah pengembangan bersama.

17. Pidgin
Pidgin merupakan salah satu aplikasi chatting yang bersifat open source. Pidgin bisa digunakan multiplatform/multi OS (GNU/Linux, Windows dan MacOS) dan kelebihan dari Pidgin adalah mendukung beberapa protokol chating, sebagai berikut:
  • AIM
  • Bonjour
  • Facebook (plugin tambahan)
  • Gadu-Gadu
  • Google Talk
  • GroupWise
  • ICQ
  • IRC
  • MSN
  • MXit
  • MySpaceIM
  • Napster
  • QQ
  • SILC
  • SIMPLE
  • SNPP
  • Sametime
  • XMPP
  • Yahoo
  • Yahoo Japan
  • Zephyr

18. Foxit Reader
Foxit Reader adalah alat pembaca, pencari, dan pencetak dokumen PDF multilingual. Perangkat lunak ini memungkinkan penggunanya untuk mendesain form PDF yang interaktif, memasukkan gambar, menambah jaringan, menambahkan keterangan pada PDF, mengirim PDF, dan lain sebagainya.
Foxit Reader adalah perangkat lunak yang gratis. Dan sejak versi 4.0 diluncurkan, fitur-fitur profesional telah ditambahkan secara gratis tanpa perlu lisensi tambahan.
Foxit Reader dibuat dan dikembangkan oleh Foxit Corporation, sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2001 dan berkonsentrasi pada pengembangan platform teknologi pendukung PDF. Perusahaan ini memiliki markas besar di Fremont, Amerika Serikat, dan sudah beroperasi di beberapa negara seperti Cina, Belgia, Jepang, dan Taiwan.
Foxit Reader v3.x tersedia di Microsoft Windows ME 32-bit dan 64-bit Vista, Windows Mobile 2003 dan 5.0, dan Windows CE 4.2 dan 5.0. Foxit Reader memungkinkan Windows 98/ME untuk membuka Acrobat versi 7 dan 8, yang merupakan kelebihannya dari Adobe’s Acrobat reader yang tidak bisa melakukannya. Foxit Reader juga mendukung smart drive U3 ketika digunakan di Windows 2000 atau Windows XP. Selain itu, juga ada versi percobaan untuk Linux.

19. Notepad++

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net dengan telah diunduh lebih dari 27 juta kali. dan dua kali memenangkan penghargaan SourceForge Community Choice Award for Best Developer Tool


20. Minilyrics
MiniLyrics adalah software berfungsi untuk sinkronisasi lagu dan menampilkan lirik lagu yang sedang di putar di Audio Player seperti Winamp, Media Player, Aimp3, Itunes dan sebagainya. dengan MiniLyrics akan membuat anda lebih menikmati music karena terdapat lirik yang otomatis di download oleh MiniLyrics anda dapat menyanyikan lagu dengan membaca lirik yang langsung tersedia ketika anda memplay lagu tersebut.

21. Tweetdeck
TweetDeck adalah sebuah aplikasi desktop streamreader yang didirikan oleh Ian Dodsworth. Aplikasi yang didukung oleh Adobe AIR ini, memiliki 4 jaringan sosial berbeda yang bisa dinikmati dalam satu aplikasi desktop. Aplikasi tersebut di antaranya Twitter, Facebook, My Space, Linkeldn Client. Seperti aplikasi Twitter pada umumnya, TweetDeck memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan dari pengguna twitter lainnya.Ada 2 cara retweet baru di TweetDeck automatically retweet, model retweet seperti yg digunakan di web, atau retweet yang diedit terlebih dahulu Aplikasi ini juga kompatibel dengan berbagai sistem operasi termasuk Microsoft Windows, Mac OS X and Linux. Versi iPhone sudah dirilis pada tanggal 19 Juni 2009. Versi terbaru dari TweetDeck diluncurkan pada 8 Februari 2010, dengan nama TweetDeck v.033.Uploading foto di TweetDeck bisa menggunakan tweetphoto, twitpic, yfrog atau mobypicture. Kesemuanya akan mempermudah pengguna yang sering mengupload foto atau berbagi cerita lewat gambar di twitter

22. HJ-Split 
HJ-Split adalah software yang berfungsi untuk membagi sebuah file besar menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan juga menggabungkan kembali file-file tersebut ke bentuk aslinya. Software ini kompatibel untuk Windows XP, Vista, 2000, NT, 95, 98, ME.
Contoh kasus kita memiliki sebuah file ukurannya 175 MB, jika akan kita copy menggunakan flash disk 128 MB secara langsung/normal tentunya tidak bisa. Untuk itu diperlukan software HJ-Split untuk bisa membagi file tersebut menjadi 2 bagian. Setelah dua file kita copy satu persatu selanjutnya kita gabung (join) dengan software ini pula.

23. XAMPP
XAMPP  adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.
Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

24. Microsoft Visual Studio
Microsoft Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web. Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.
Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).
Visual Studio kini telah menginjak versi Visual Studio 9.0.21022.08, atau dikenal dengan sebutan Microsoft Visual Studio 2008 yang diluncurkan pada 19 November 2007, yang ditujukan untuk platform Microsoft .NET Framework 3.5. Versi sebelumnya, Visual Studio 2005 ditujukan untuk platform .NET Framework 2.0 dan 3.0. Visual Studio 2003 ditujukan untuk .NET Framework 1.1, dan Visual Studio 2002 ditujukan untuk .NET Framework 1.0. Versi-versi tersebut di atas kini dikenal dengan sebutan Visual Studio .NET, karena memang membutuhkan Microsoft .NET Framework. Sementara itu, sebelum muncul Visual Studio .NET, terdapat Microsoft Visual Studio 6.0 (VS1998).

25. VMWare Workstation
VmWare Adalah aplikasi Virtual Mesin yg artinya kita bisa menciptakan pc didalam Suatu Operating System (Windows/Linux) seandainya kita mau mencoba menginstall linux akan tetapi kita tidak pingin merubah configurasi system kita, kita bisa mengunakan VmWare untuk menciptakan PC dan menginstall distro yg kita ingginkan tanpa merusak atau merubah configurasi system kita 

26. Paint.NET
http://www.getpaint.net
Windows
Merupakan aplikasi windows yang memerlukan .NET Framework. Aplikasi ini cepat, mudah digunakan untuk pengguna yang ingin mengedit foto tanpa mempunyai skill photoshop.

27. VLC Media Player
VLC Media Player merupakan perangkat lunak (software) pemutar beragam berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain. VLC Media Player juga dapat digunakan untuk memutar DVD,VCD, maupun CD. VLC Media Player bersifat sumber terbuka (open source) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi. Mulai dari Microsoft Windows, beragam distro Linux, Mac OS, dan beberapa sistem operasi lainnya. Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari VLC Media Player adalah kelengkapan codec yang dimiliki. Dengan kata lain, VLC dapat memutar hampir seluruh jenis berkas audio maupun video yang ada. VLC Media Player adalah program multimedia player yang sangat portabel. Singkatnya, program ini bisa dipakai untuk memutar berkas multimedia, baik yang ada di komputer, keping CD atau DVD, hingga untuk streaming di internet. Di balik tampilan programnya yang sederhana, pemutar berkas multimedia ini dilengkapi dengan beragam fitur tambahan, seperti kemampuan subtitle, tag format, konversi, filter, skin, dapat dioperasikan melalui berbagai interface, tersedia dalam bahasa Indonesia, dan masih banyak lagi. Bahkan, program ini juga bisa dijadikan sebagai server untuk kebutuhan streaming di jaringan lokal dan internet

28. WinSCP
WinSCP adalah aplikasi open source yang berfungsi sebagai SFTP dan FTP klien untuk Windows. SCP protocol juga telah didukung oleh aplikasi ini. Fungsi utamanya adalah menyalin file/transfer file antara komputer lokal dan remote secara aman.
Biasanya saya menggunakan aplikasi ini untuk mentransfer file dari komputer lokal (client) ke komputer remote (server). Dengan aplikasi ini kita tidak perlu repot-repot lagi mencolokan usb jika akan mentransfer file, cukup memanggil IP komputer remote.

29. Internet Download Manager
nternet Download Manager atau biasa disingkat IDM , adalah perangkat lunak yang mampumengunduh data-data yang ada di internet dan meneruskan kembali. Perangkat buatan New York, Amerika ini menempati posisi teratas dalam memaksimalkan kecepatan mengunduh data. Tampilan dan grafis yang sederhana membuat IDM lebih bersahabat dengan penggunanya.
IDM didukung dengan fitur meneruskan kembali, yaitu untuk mengunduh ulang berkas-berkas yang sebelumnya terputus karena masalah teknis maupun nonteknis. IDM juga memiliki fitur unduh yang cepat dengan kemampuan melakukan segmentasi berkas secara otomatis dan didukung dengan teknologi yang aman.
Perangkat lunak ini memiliki kemampuan yang lebih baik daripada peranti lunak sejenis yang ada saat ini, karena fitur yang dimiliki dalam membagi data yang sedang diunduh menjadi beberapa bagian terpisah untuk kemudian disatukan kembali setelah proses mengunduh selesai. Proses ini dinamakan multipart. Akan tetapi, IDM berbeda dengan perangkat sejenisnya karena proses multipart ini dilakukan secara bersamaan dan kecepatannya hingga 500% atau lima kali lipat lebih baik sebagaimana diklaim oleh pembuat IDM ini.
IDM mampu membagi sebuah berkas saat proses mengunduh berlangsung hingga menjadi tujuh sampai delapan bagian atau . Sebuah berkas yang diunduh dan terbagi menjadi delapan bagian selanjutnya ditangani oleh IDM yakni dengan membagi kecepatan yang sama besar per bagiannya. Namun jika bagian-bagian tadi ada yang mengalami hambatan dalam proses unduh maka kecepatan pada bagian lain akan digunakan untuk membantu bagian yang lambat tadi.
Versi terbaru IDM download 5,18 menambahkan panel untuk web-pemain yang dapat digunakan untuk mengunduh flash video dari situs seperti YouTube, MySpaceTV, dan Google Video. Fitur ini juga dilengkapi oleh Vista support, YouTube grabber, dipugar scheduler, dan MMS dukungan protokol. Versi baru juga menambahkan integrasi untuk Internet Explorer dan browser berbasis Internet Explorer, didesain ulang dan, peningkatan toolbar, dan perbaikan fitur baru lainnya.

30. Microsoft Visio
Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya.
Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakusisisi oleh Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru. Visio 2007 Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.













Tidak ada komentar

Leave a Reply

Blogger news

Blogroll

About