BAB 3 : Peralatan Teknologi Informasi

Dalam dunia Teknologi, Informasi dan Komunikasi diperlukan alat untuk menggakses dan mengunakan dan memanfaatkannya. Tanpa Peralatan Teknologi Informasi ini akan susah bagi kita untuk berinteraksi satu sama lainnya atau memperoleh informasi yang seluas-luasnya.

Milai dari pertama,


1. Komputer 


Setiap mesin yang mampu menerima data, memproses data, menyimpan data, dan menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka dan suara dapat dikategorikan sebagai komputer.
 

Hardware

Hardware atau disebut perangkat keras adalah peralatan fisik yang terdapat pada komputer. 
Berikut ini beberapa contoh hadware
  • Printer adalah alat untuk mencetak informasi atau gambar ke kertas
  • Keyboard adalah alat yangdipakai untuk mengetik data
  • CPU adalah komponen dalam sistem komputer yang berfungsi sebagai pengolah
  • Speaker adalah alat untuk mengeluarkan suara.

Software

Software atau perangkat luna adalah program. Dengan demikian software dimasukkan ke dalam komputer agar komputer tersebut dapat melakukan tugas-tugas tertentu yang diharapkan pemakai.
Setiap program komputer dirancang untuk melakukan tugas tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan komputer untuk bermain catur setelahAnda menginstal program catur ke komputer Anda.
Berikut ini beberapa contoh software yang dapat digunakan.
Sistem Operasi yaitu sofware yang mendasari operasi suatu sistem komputer. Sistem operasi meruapakan sofware yang kali pertama dipasang pada komputer dan merupakan software yang akan diaktifkan pertama kali di komputer dihidupkan. Beberapa perangkat lunak yang termasuk sistem operasi adalah sebagai berikut;
  • Windows 7
  • Windows Vista
  • Linux
  • Unix
  • Mac OS Lion
  • IOS 5
Pengolah kata yaitu sofware yangditunjukkan untuk membuat dokumen. Beberapa contoh pereangkat lunak yang termasuk pengolah kta adalah sebagai berikut;
  • OpenOffice.org Writer
  • Microsoft Word
  • WordPerfect
  • iWork
Pengolahan angka yaitu software yang dirancang untuk memudahkan pengolahan tabel tabel yang memerlukan perhitungan. Beberapa contoh perangkat lunak kategori ini adalah sebagai berikut
  • Microsoft Excel
  • Lotus 1-2-3
  • OpenOffice.org Impress
  • Number
Web browser, yaitu software yang dirancang secara khusus untuk memperoleh informasi pada situs web. Contohnya adalah sebagai berikut.
  • Internet Explorer
  • Mozilla Firefox
  • Safari
  • Opera

2. Jaringan Komunikasi

Sebuah sistem yang mampu menghubungkan dan menggabungkan beberapa titik komunikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara satu dengan lainnya.
  1. Telepon
  2. ISDN
  3. Faksimile
  4. Fiber Optik
  5. Leased Line
  6. Wireless


Gambar 3.3 Peralatan Teknologi Informasi

a. Telephone

Alat komunikasi dua arah yang memungkinkan 2 orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak.

Gambar 3.4 Telepon

b. Faksimile

Sebuah alat yang mampu mengirimkan dokumen secara persis sama melalui jaringan telepon.

Gambar 3.5 Mesin Faksimile

c. ISDN

(Integrated Service Digital Network) jaringan komunikasi khusus yang menggunakan jaringan telepon yang tidak hanya memroses suara, tapi juga mampu menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili,dll

d. Fiber Optic

Jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi. Dalam jaringan ini jalur komunikasi tidak menggunakan kawat tembaga tetapi menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya.

Gambar 3.6 Kabel Fiber Optic

e. Leased Line

Jaringan telepon tetap(permanen) yang menghubungkan dua tempat atau lebih.
Jaringan ini tidak mempunyai alat pengalih (switching) atau sejenisnya, jaringan ini bekerja diantara tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik atau yang sudah ditentukan. Jaringan ini dikenal juga dengan sebutan Private Line.

Gambar 3.7 Leased Line

f. Wireless

Jaringan komunikasi nirkabel, jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat , dan penerima gelombang yang berisi data tersebut.

Gambar 3.8 Wireless

3. Jaringan Komunikasi dengan Satelit

Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya
  1. ANtena
  2. TV dan Radio
  3. Seluler

Gambar 3.9 Jaringan satelit dan komunikasi

a. Antena

Alat yang digunakan untuk memancarkan dan menerima komunikasi radio.

b. TV dan Radio

Alat penyampaian Informasi (Mass Media) yang menggunakan gelombang sebagai penghantar sinyal suara dan gambar.

Gambar 3.10 Televisi & radio

c. Komunikasi Seluler

Komunikasi yang menggunakan transmisi radio untuk mengirimkan sinyal informasi, alat tersebut lebih dikenal dengan nama Hand Phone.

Gambar 3.11 Komunikasi Seluler

4. Net Tools

Berbagai macam cara digunakan manusia untuk mempermudah dan menjaga kualitas hubungan melalui dunia Internet. Sejak saat itulah perkembangan alat- alat yang menyokong kemampuan jaringan untuk saling berhubungan berjalan pesat. Sistem jaringan yang tadinya hanya digunakan oleh kalangan terbatas sekarang sudah sangat merakyat. Bahkan sampai ke tingkat rumah tangga.
  1. Server
  2. Client
  3. Router
  4. Modem

Gambar 3.12 Peralatan Jaringan Komputer

a. Server

Sebuah komputer yang bekerja sebagai penyedia data, penyedia software dan penyimpanan data. Bahkan sebuah server mampu mengatur jalur informasi dalam jaringan yang diaturnya.

3.13 Server


b. Client

Sebuah PC dalam sebuah jaringan komunikasi yang mempunyai kemampuan memproses data dan mampu meminta informasi kepada server.

Gambar 3.14 Client


c. Router

Alat yang digunakan dalam jaringan yang mampu mengirimkan data kepada jaringan lainnya melalui jalur yang lebih cepat, tepat dan efisien.

Gambar 3.15 Router

d. Modem

Modulator / Demodulator, alat yang memungkinkan PC, Mini Computer, atau Mainframe untuk menerima dan mengirim data dalam bentuk digital melalui saluran telephon.

Gambar 3.16 Modem





SLIDE PPT


Latihan soal

1. Jelaskan perbedaan hardware dan software ?
2. Berikan 5 contoh dari software ?
3. Jelaskan Kegunaan Server, Client, Router dan modem


Jawab :

1. Perbedaannya terletak pada bentuknya, kalau hardware punya bentuk fisik sedangkan software hanya berbentuk file virtual yang dapat beroprasi dan dioperasikan. Dan hardware diibaratkan sebagai badan sedangkan software merupakan nyawanya.

2. Windows 7, Microsoft Office, Paint, Adobe Photoshop, Google Chrome.

3. Server : fungsinya, sebagai penyedia data dan penyimpanan data serta mengatur jalur informasi dalam jaringan yang diaturnya.
Client : fungsinya, sebagai media pengakses server, seperti contohnya kita yang sedang browsing.
Router : fungsinya, sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
Modem : fungsinya, untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju.

----------------------------------------------------------------------------
Sumber : 
wikipedia
Modul Peralatan Teknologi by Bu Ratna Mutu Manikam






Tidak ada komentar

Leave a Reply

Blogger news

Blogroll

About