adalah interaksi
antara suara, gambar statis, animasi dan video (Perry,1994). Ditinjau
dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti “melibatkan berbagai
media”. Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditampilkan
secara serentak melalui berbagai media.
2. Virtual Reality
adalah teknologi
yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu
objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana
tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara
fisik. contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk
melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang
sesungguhnya.
3. Kelompok Aplikasi Multimedia
- Presentasi bisnis
- Pelatihan berbasis computer(CBT/Computer Based Trianing)
- Pendidikan
- Hiburan
- Penyajian Informasi
- Kios interaktif
- Telekonferensi
4. Morphing
Morphing adalah
Teknik ini menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi
gambar akhir. Contohnya merubah wajah seseorang menjadi binatang
5. Contoh aplikasi Virtual Reality
Format
|
Aplikasi
|
Manufaktur
|
Pelatihan
Pengujian
rancangan
Prototype
semu
Analisis
engineering
Analisis
ergonomik
Simulasi
semu dalam perakitan, produksi, dan pemeliharaan
|
Arsitektur
|
Perancangan gedung dan struktur
lainnya
|
Militer
|
Pelatihan
(pilot, astronot, pengemudi)
Simulasi
peperangan
|
Kedokteran
|
Pelatihan
Pembedahan (melalui simulasi)
Percangan
pembedahan
Terapi
fisik
|
Penelitian/Pendidikan
|
Laboratorium fisika virtual
Studi tentang topan
Konfigurasi
Galaksi
Pengujian
matematika kompleks
|
Hiburan
|
Museum
virtual
Permainan
balap mobil 3-D
Simulasi
pertempuran udara
Arcade
Taman
virtual
Simulasi
ski
|
Nama : Jean Andrea Terry Adjani
NIM : 41812120029
Tidak ada komentar