Tugas Mandiri BAB 7 : Sistem Informasi


1. Mengapa para pemakai komputer suatu perusahaan dianggap sebagai sumber daya informasi? Apakah nilai sumber daya ini bertambah atau berkurang jika para pemakai ikut serta dalam end-user computing?
Iya karena mereka turut berperan serta dalam pembangunan serta perkembangan informasi pada perusahaan tersebut.

Dan sumber daya tersebut tidak akan berkurang, malah justru akan membawa dampak yang baik karena end-user secara tidak langsung juga turut berperan serta dalam perkembangan informasi pada suatu perusahaan.

2. Apakah komputer suatu fisik, suatu sistem konseptual atau keduanya?
Jelaskan mengapa suatu sistem bukan milik para spesilialis informasi walaupun mereka mungkin yang paling banyak mengerjakan pengembangannya.
Komputer terdiri dan terbangun dari kedua hal tersebut, yaitu fisik (hardware) dan sistem (software).
Suatu sistem bukan sepenuhnya oleh para spesialialis karena mereka hanya mengembangkan, tidak bertanggung jawab, serta tidak ikut andil menjadi end-user untuk sistem tersebut. Karena pada dasarnya suatu sistem itu terbentung karena beberapa komponen seperti spesialialis, end-user, teknisi, dan lain sebagainya.

3. Bagaimana teknologi informasi modern memberi kontribusi pada makin singkatnya batas waktu transaksi bisnis ? Contohnya, peralatan apa yang dapat digunakan dengan telepon? Pilih satu jenis peralatan dan berikan contoh dampaknya.
Saya ambil contohnya website, jaman sekarang setiap orang sudah bisa mengakses web, dimana web tersebut bersifat real time dan selalu up to date, sehingga kebutuhan waktu untuk transmisi datanya juga cepat. Dan untuk peralatan yang dapat digunakan dengan telepon adalah internet, dengan bantuan modem, dampaknya adalah seperti orang-orang sekarang sudah bisa akses internet dari rumah serta kemudahan transaksi jual beli yang tidak harus bertemu langsung, tapi bisa lewat internet.

4. Apa saja lima subsistem Sistem Informasi Berbasis Komputer? Cocokkan tiap subsistem dengan satu dri istilah-istilah berikutnya: data, konsultasi, komunikasi, informasi, masalah spesifik.
User, hardware, software, basisdata, prosedur, dan dokumentasi

5. Sebutkan para spesialis informasi yang bekerja secara langsung dengan pemakai.
 Analis sistem, pengelola database, dan operator.

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Blogger news

Blogroll

About