Uraian BAB 10


1. Multimedia
adalah interaksi antara suara, gambar statis, animasi dan video (Perry,1994). Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti “melibatkan berbagai media”. Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditampilkan secara serentak melalui berbagai media.

2. Virtual Reality
adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.

3. Kelompok Aplikasi Multimedia
  • Presentasi bisnis
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.
  • Pelatihan berbasis computer(CBT/Computer Based Trianing)
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang penguetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh,CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membersihkan busi yang dapat di visualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi ditest juga diperdengarkan
  • Pendidikan
Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif
  • Hiburan
Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengan cara konvensional
  • Penyajian Informasi
Multimedia dapat Dipakai untuk membentuk enslikopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis baik dalam bentuk buku maupun Koran
  • Kios interaktif
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum. Pemakai dapat berinterakasi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi
  • Telekonferensi
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke masing-masing komputer pemakai yang digunakan

4. Morphing
Morphing adalah Teknik ini menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir. Contohnya merubah wajah seseorang menjadi binatang

5. Contoh aplikasi Virtual Reality

Format
                                        Aplikasi
Manufaktur
                                Pelatihan
                                Pengujian rancangan
                                Prototype semu
                                Analisis engineering
                                Analisis ergonomik
                                Simulasi semu dalam perakitan, produksi, dan pemeliharaan
Arsitektur
                                Perancangan gedung dan struktur lainnya
Militer
                                Pelatihan (pilot, astronot, pengemudi)
                                Simulasi peperangan
Kedokteran
                                Pelatihan Pembedahan (melalui simulasi)
                                Percangan pembedahan
                                Terapi fisik
Penelitian/Pendidikan
                                Laboratorium fisika virtual
                                Studi tentang topan
                                Konfigurasi Galaksi
                                Pengujian matematika kompleks
Hiburan
                                Museum virtual
                                Permainan balap mobil 3-D
                                Simulasi pertempuran udara
                                Arcade
                                Taman virtual
                                Simulasi ski
Nama : Jean Andrea Terry Adjani
NIM : 41812120029

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Blogger news

Blogroll

About